Jenis-Jenis Chipset Snapdragon yang Dipakai di HP Beserta Urutan Terbaiknya

blank
Detail Chipset Snapdragon 7 Series Mendatang Bocor HUSTqdp13r

Siapa sih yang tidak kenal dengan chipset yang sering dipakai oleh beberapa vendor pada sistem operasi android yang bernama Snapdragon. Chipset tersebut dibuat oleh perusahaan ternama yaitu Qualcomm, sebuah perusahaan komunikasi yang didirikan pada tahun 1985. Qualcomm mendirikan beberapa produk seperti CDMA 200 1X, yang menjadi sebuah sinyal 4G yang kalian pakai sekarang hingga saat, Lalu qualcomm melahirkan chipset berbasis mobile yang bernama Snapdragon.

Chipset tersebut dipasaran merupakan produk yang cukup laku atau terjual sekali terhadap vendor yang memiliki sistem operasi berbasis mobile, dan produsen ponsel cukup merasa bangga bila produk nya menggunakan chipset dari qualcomm tersebut daripada chipset lainnya.

Lalu, bagaimana bisa snapdragon bisa sangat terkenal dan laku disebuah pasar mobile? pertanyaan tersebut akan terjawab pada penjelasan dibawah ini, maka dari itu simak penjelasannya.

Sejarah Singkat Qualcomm Snapdragon

Detail Chipset Snapdragon 7 Series Mendatang Bocor HUSTqdp13r Snapdragon pertama kali muncul dipermukaan pada tahun 2008 dan berfokus pada smartphone mobile. Pada tahun 2009, Qualcomm mempersembahkan produk GPU bernama Adreno. Awal mulanya Adreno sendiri dimiliki oleh ATI Technologies yang kemudian dijual kepada Qualcomm, Mulanya juga adreno sendiri dinamai oleh Ati Technologies bukan adreno melainkan Anagram. Kehadiran Adreno kepada qualcomm sendiri menjadi kekuatan paten untuk memperkenalkan kepada dunia smartphone android bahwa betapa bagusnya performa yang dimiliki chipset snapdragon buatan qualcomm ini dalam menjalankan beberapa games android yang bisa dibilang sangat berat sekali untuk dijalankan pada smartphone android. Hal tersebut mengundang para vendor produsen ponsel untuk banyak menggunakan proudk chipset qualcomm, Dan vendor-vendor yaitu ada Xiaomi, Oppo, Vivo, Asus, LG, Huawei serta sekelas Samsung yang sudah memiliki chipset buatan sendiri juga menggunakan chipset dari qualcomm juga. Chipset yang dibuat snapdragon juga bervariasi dan hal tersebut juga disesuaikan pada tingkatan nya ada yang standar hingga diatas standar atau bisa dibilang lebih beperforma. Snapdragon juga memberikan sebuah kode angka pada beberapa chipset yang diproduksi sebagai pembeda. Contohnya 2xx, 4xx, 6xx , 7xx, 8xx, performa sendiri bisa diukur pada angka terendah hingga yang tertinggi. Angka depan chipset yang tinggi biasanya merupakan smartphone kelas flagship dan sebaliknya bila angka depan rendah berarti merupakan smartphone kelas rendah. Dan untuk mengetahui beberapa jenis chipset dari perusahaan qualcomm, kalian bisa simak penjelasan dibawah.

Jenis-jenis Chipset Snapdragon

1. Snapdragon 400 Series

Snapdragon 400 Series Snapdragon dengan seri 400 hadir dengan harga yang cukup dibilang sangat terjangkau sekali namun memiliki performa yang dibilang cukup untuk sebuah smartphone. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh Arsitektur ARM Cortex A7 yang sudah bisa menghadirkan tampilan berkualitas HD. Snapdragon 400 juga menghadirkan sangat banyak sekali varian seri. Seperti snapdragon 410, 412, 415, 425, 427, 429, 430, 435, 439, dan 450. dari beberapa serinya yang sangat paling diminati dan populer yaitu snapdragon 425, smartphone yang menggunakan seri tersebut salah satunya ada Xiaomi redmi 5a, Samsung Galaxy J2 dan masih banyak lagi dengan posel seharga 1 jt-an. dan tampaknya untuk snapdragon seri 400 kedepannya akan masih terus sering diproduksi. Hal tersebut dipengaruhi karena banyak pengguna smartphone yang hanya membutuhkan sebuah performa yang dibilang cukup standar untuk multitasking dan game yang ringan dan sederhana.  

2. Snapdragon 200 Series

Snapdragon 200 Series 0354b Sekitar tahun 2013, Qualcomm mulai memperbarui produk chipsetnya menjadi ke beberapa kelompok. yang paling awal Snapdragon 200, Snapdragon 400, Snapdragon 600, dan Snapdragon 800. Berikutnya Snapdragon 200 disuguhkan kelas low entry atau untuk kelas dengan harga terjangkau. Chipset ini menghadirkan sebuah prosesor menggunakan dua core dan gpu yang dipakai adreno 203 sebagai sistem pengelola grafisnya. Smartphone yang menggunakan chipset ini salah satunya ada Samsung Galaxy Win, ZTE Blade V, HTC Desire 700 dan masih banyak lagi dengan smartphone harga murah lainnya.  

3. Snapdragon 600 Series

Snapdragon 600 Series Chipset snapdragon 600 masuk kedalam kelas menengah dan cukup populer dan banyak diminati pada masanya. Salah satunya smartphone yang menggunakan chipset ini Asus Zenfone Max Pro M1, Nexus 7, HTC One, Samsung Galaxy S4, LG GX, dan OPPO N1 beberapa ponsel tersebut merupakan ponsel yang menggunakan chipset snapdragon 600 di masa kemunculannya. Sama dengan adiknya atau generasi sebelumnya yaitu snapdragon 400, Snapdragon 600 seiring berjalannya waktu akan terus diproduksi karena daya minat yang semakin meningkat, Chipset yang diproduksi menjadi lebih baik karena hal tersebut. Ada beberapa chipset yang paling diminati pada generasi 600 series ini yaitu Snapdragon 625, Snapdragon 636, dan Snapdragon 660, Ketiga chipset tersebut memiliki peforma yang cukup dibilang sangat worth it pada harga yang smartphone terjangkau dan untuk bermain game berat sudah lumayan ok.  

4. Snapdragon 700 Series

Snapdragon 700 Series Awal kemunculannya pada tahun 2018, Qualcomm menginformasikan kehadiran series terbaru pada keluarga Snapdragon, yaitu Snapdragon 700, Ada beberapa chipset snapdragon yang masuk kedalam series 700 ini yaitu Snapdragon 710, Snapdragon 712, dan Snapdragon 730 (Adapun versi 730G). Kehadiran chipset ini membuat posisinya diantara Snapdragon 600 dan Snapdragon 800 yang dimana membuat chipset snapdragon dibawahnya seperti Snapdragon 400 dan 200 menjadi kelas low entry Lalu untuk high entry ada Snapdragon 600, Snapdragon 700, dan Snapdragon 800. Snapdragon 710 banyak digunakan pada smartphone seperti Samsung Galaxy A8s, Xiaomi MI 8 SE, Realme 3 Pro, dan masih banyak lagi, selain itu untuk Snapdragon 712 dipakai pada Smartphone Xiaomi 9 SE. Berikutnya ada Snapdragon 730 yaitu Samsung Galaxy A71, Samsung Galaxy A80, Xiaomi K20, OPPO Reno 2, Selain itu snapdragon 730 memiliki varian snapdragon 730G  yang bisa dibilang versi OC nya (overclocked) dari 730 karena performanya yang ditawarkan cukup worth it untuk digunakan untuk bermain game berat.  

5. Snapdragon 800 Series

Ini Dia Tingkatan Dan Urutan Chipset Qualcomm Snapdragon Dari Terendah Dan Tertinggi Yang Digunakan Pada Smartphone Android
Nah kita sudah sampai pada Snapdragon paling tinggi atau berkelas atas, siapa lagi kalau tidak Snapdragon 800 series yang pasti memiliki sebuah fitur yang sangat canggih, Apalagi chipset ini terkenal dengan yang namanya game berat pastinya sudah tidak diragukan lagi karena performanya cenderung baik walaupun produknya sering kali mengalami kegagalan.
Salah satu produknya pada series 800 ini yang dibilang gagal, Ada pada snapdragon 808 ataupun 810 pada masa awal kemunculannya chipset tersebut bisa dibilang cenderung sering panas bila digunakkan sehari-hari. Namun hal merugikan  tersebut tertutupi semenjak hadirnya snapdragon 820 dan 821.
Disaat sedang berjaya dan meroket Qualcomm menghadirkan beberapa chipset kelas atas, yakni Snapdragon 835, Snapdragon 845, dan Snapdragon 855.
Chipset tersebut hadir dengan performa yang baik dan untuk masalah baterai menghabiskan daya yang tidak begitu banyak, kalau masalah baterai itu tergantung umur dari smartphone tersebut dan penggunanya sendiri .
Lalu diproduksi lah lagi Snapdragon 800 series ini, yakni Snapdragon 865, Snapdragon 870, Snapdragon dan Snapdragon 888. Kabar menariknya snapdragon pada series ini menghadirkan sebuah koneksi 5G yang pastinya sudah terintegrasi. Lalu smartphone yang sudah menggunakan Chipset tersebut pastinya sudah dapat aktivasi sinyal 5G tersebut.
Mungkin itu saja yang bisa mimin sharing kepada kalian tentang penjelasan Sejarah Snapdragon dari perusahaan Qualcomm.
Kehadirannya di dunia digital sangat membantu sekali semua kebutuhan masyarakat hingga saat ini, dan barang yang disugguhkan sangat berkualitas dan terjual keras dipasaran.
Apalagi chipset tersebut digunakan oleh vendor-vendor terkenal dan mereka pun juga merasa bangga karena Smartphone yang mereka produksi ditenagai oleh Chipset dari perusahaan qualcomm yaitu Snapdragon.
0

Leave a Reply

Your email address will not be published.