5 Perbedaan Antara Mode Sleep dan Hibernate di Windows

blank
blank
Bagi kalian pengguna Windows, Kalian pasti mengenal dengan yang namanya Sleep dan Hibernate. Keduanya tersebut merupakan sebuah opsi penghematan daya yang sangat berguna yang telah disediakan oleh operasi sistem Windows tersebut. Lalu pastinya beberapa dari kita mungkin berpikir kalau mode sleep dan hibernate itu memiliki kesamaan. Namun, kenyataannya hal tersebut tidak benar. Meskipun tujuan utamanya sama, yaitu menghemat sebuah daya, terdapat beberapa perbedaan dalam cara operasinya antara mode sleep dan hibernate. Di bawah ini adalah beberapa perbedaan Sleep dan Hibernate yang perlu kalian ketahui.
  • Mode Sleep atau Tidur: Maksudnya sendiri adalah untuk tidur agar menjadu segar kembali, komputer juga bisa melakukan hal yang sama untuk direhatkan selama beberapa waktu.
  • Mode Hibernate atau Hibernasi: Umumnya sendiri berarti tidur panjang, persis seperti beruang pada saat memasuki musim dingin. Setelah Beruang tersebut berhibernasi, ia perlu beberapa saat mengadopsi fase setelah hibernasi. Begitu juga dengan komputer, me-reboot setelah mode Hibernate akan menjadi proses yang memakan waktu.

Perbedaan Sleep dan Hibernate

Lalu, apa saja sih perbedaan dari Sleep dan Hibernate? kalian bisa ketahui beberapa perbedaan dibawah ini, simak ok.

1. Penggunaan Daya

Saat komputer atau laptop masuk kedalam mode Sleep, yang terjadi sistem tetap akan mengonsumsi daya untuk beroperasi, namun dalam jumlah yang lebih sedikit. Salah satu bagian komputer atau laptop yang akan tetap menyala saat mode Sleep diaktifkan adalah terdapat pad “lampu notifikasi“. Mode Sleep sangatlah berguna untuk menghemat listrik rumah pada PC yang digunakan dan daya baterai pada laptop.

2. Waktu Bangun

Di saat kalian ingin membangunkan komputer atau laptop dari tidurnya, maka cukup dengan menekan salah satu tombol yang berada pada keyboard. Hanya beberapa detik, komputer atau laptop akan aktif kembali. Selagi masih berada dalam masa tidur, sistem akan selalu siap disaat kalian ingin menggunakannya. Berbeda lagi, saat komputer atau laptop sedang berhibernasi, yang terjadi kalian tidak bisa membangunkannya secara langsung. Namun dibutuhkan beberapa saat hingga komputer siap digunakan kembali.

3. Penerapan

Mode Sleep dan Hibernate ternyata memiliki sebuah penerapan yang berbeda. Kalian dapat menggunakan mode Sleep ketika komputer atau laptop akan ditinggalkan untuk beberapa saat saja. Jadi, saat kalian akan kembali, komputer bisa langsung dihidupkan tanpa membutuhkan waktu yang banyak. Sementara untuk mode Hibernate bisa kalian terapkan ketika akan meninggalkan komputer atau laptop dalam jangka waktu yang sangat lama. Pada umumnya perangkat yang digunakan akan langsung berhibernasi ketika masa tidurnya atau sleep modenya telah berakhir. Jadi, kalian tidak perlu khawatir saat lupa meninggalkan komputer saat masuk mode Sleep.

4. Fungsi Proses

Disaat komputer atau laptop sedang tertidur, seluruh proses yang sedang berlangsung akan berhenti total dan sistem kerja yang sedang dilakukan akan disimpan di dalam memori RAM. Begitu demikian, sistem akan kembali seperti semula tatkala komputer dibangunkan dan pekerjaan bisa langsung diteruskan. Berbeda dengan hibernasi. Ketika komputer berada di mode tesebut, seluruh proses akan disimpan dalam hard-disk. Jadi kalian tidak bisa langsung menggunakan sistem dan melanjutkan pekerjaan sebelumnya karena me-restart atau booting setelah shutdown,  menjadikan proses yang memakan waktu agak lama.

5. Mode Demonstrasi

Saat sistem berada pada mode Hibernate, kalian tidak akan dapat menggunakan sistem tersebut. Salah satu cara agar bisa dapat menggunakannya adalah dengan menghidupkan kembali perangkat melalui tombol daya atau power. Sementara itu, komputer yang sedang tertidur masih dapat berfungsi. Sistem tetap akan menjalankan fungsi dasarnya di belakang dan menggunakan listrik pada perangkat tersebut. Untuk menghindari masalah pada sistem perangkat kalian, kalian tidak boleh terlalu sering membuat komputer tertidur. Sebaiknya matikan sistem ketika sudah tidak menggunakan komputer atau laptop(tidak membiarkannya masuk ke mode Sleep). Karena bila dibiasakan masuk kedalam mode sleep, yang terjadi banyak kerusakan pada sistem perangkat yang digunakan.   Ya mungkin itu saja penjelasan dari mimin Cybi, bila ada kesalahan kata dalam pengetikan  mohon dimaafkan,  Terima kasih.
 
0

Leave a Reply

Your email address will not be published.