Cara Mengaktifkan Windows Defender untuk Keamanan Komputer

blank
blank

Agar aman dan awet dan dapat berfungsi dengan baik, sebaiknya sebuah komputer dan laptop harus dipasang dan dilengkapi dengan yang namanya anti virus sebagai sebuah proteksi bagi sebuah sistem operasi yang berjalan. Dan kalian bisa mendapatkannya secara gratis, dan juga adapun yang versi berbayarnya dan dilengkapi dengan fitur yang mewah pastinya.

Nah, untuk laptop yang berbasis windows ada program antivirus bawaan yang telah terpasang pada perangkat tersebut yang sering kita sebut dengan Windows Defender. Fungsinya sendiri adalah mencegah laptop yang kalian pakai mengalami proses booting yang sangat lama. Ada beberapa keunungan dalam menggunakan Windows Defender ini maka dari itu simak penjelasan dibawah ini.

Apa Itu Windows Defender?

Windows Defender sendiri adalah sebuah Antivirus yang telah diluncurkan pada windows 8. Lalu tahukah kalian? bahwa ada jenis virus yang tidak bisa terdeteksi secara langsung, sehingga kalian perlu memindainya secara menual terlebih dahulu untuk mendeteksinya. Namun jika kalian menggunakan Windows Defender, cara tadi tidak perlu kalian lakukan. Karena Windows Defender sendiri memiliki sebuah fitur Real-time Scanning Virus.  di saat ada file yang mencurigakan secara otomatis Windows Defender mengirimkan sinyal notifikasi kepada kalian agar dapat di pindai dan dihapus. Lalu, jika kalian telah mengaktifkan Windows Defender pada perangkat Laptop atau PC kalian sudah tidak perlu lagi menginstal antivirus lain. Tapi jika kalian tetap ingin memasang antivirus lain itupun tidak menjadi masalah. Namun, biasanya jika ada virus terdeksi resiko yang kalian dapatkan akan terjadi tabrakan scanning terhadap Antivirus yang kalian pasang secara bersama-sama.

Kelebihan Windows Defender

Jika kalian agak meragukan Windows Defender, kalian perlu melihat terlebih dahulu kelebihan dari windows defender tersebut. mimin Cybi akan merangkum beberapa kelihan dari Windows Defender ini agar kalian lebih yakin untuk menggunakannya, simak beberapa kelebihannya.
  • Windows Defender memiliki kemampuan membersihkan virus lebih maksimal bisa dibandingkan dengan kemampuan antivirus lain.
  • Windows Defender akan me-restart otomatis jika ia menemukan virus yang dibilang cukup bahaya. Dengan melakukan hal tersebut virus bisa lebih sempurna dihapuskan.
  • Windows Defender memiliki fitur real-time protection. Ketika ada virus yang terdeteksi, virus tersebut akan langsung dihapus dari perangkat kalian.
Juga terkadang, virus yang telah dihapus ia masih bisa menginfeksi ke file yang lainnya. Jadi saat perangkat kalian melakukan proses restart, virus yang telah dihapus akan hilang secara maksimal.

Cara Mengaktifkan Windows Defender

Berikut beberapa cara mengaktifkan Windows Defender simak penjelasan dibawah.

1. Melalui Pengaturan

Yang pertama bisa kalian lakukan adalah melalui pengaturan pada laptop windows kalian. berikut langkah langkah mengaktifakannya.
  • Buka menu Start. Lalu kalian bisa mencari logo berbentuk gir pada menu taskbar. Kalian bisa klik logo tersebut. Atau kalian bisa menggunakan cara alternatif dengan menekan input Windows+I secara bersamaan. menu setting akan terbuka secara otomatis.
  • Berikutnya, akan muncul dashboard windows setting. kalian bisa scrool kebawah dan cari Update & Security klik menu tersebut.
  • Saat telah terbuka pilih menu Windows Security yang berbentuk perisai. Setelah itu, pilih menu Virus & Threat Protection.
  • Saat menu Virus & Threat Protection terbuka, kalian cari menu Virus & Threat Protection Setting.
  • Lalu pilih Manage Setting.
  • Selanjutnya, aktifkan Windows Defender dengan menggeser setting ON/OFF pada menu Real-Time Protection, Cloud – Delivered Protection, Automatic Sample dan Tamper Protection. Jadi kalian bisa pastikan semuanya berada pada posisi ON.

2. Melalui Registry Editor

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan fitur Registry Editor. Registry Editor adalah sebuah database yang berisi informasi konfigurasi pada sebuah sistem, seperti perangkat lunak atau perangkat keras. Berikut langkah-langkahnya.
  • Pertama, buka menu Run dengan cara menekan tombol keyboard berlogo Windows+R secara bersamaan. Ketik regedit, kemudian kalian tekan Enter.
  • Setelah itu, kalian akan dibawa pada folder khusus.
  • Berikutnya, cari file DWORD dengan nama DisableAntiSpyware. Jika file tersebut tidak terdapat pada perangkat laptop atau pc kalian, buat file dengan cara klik kanan lalu pilih New. Pilih DWORD (32bit) Value.
  • Selanjutnya file DisableAntiSpyware telah berhasil dibuat.
  • Lalu, llik kanan pada file tersebut.
  • Pilih Modify.
  • Pada kolom value data, kalian masukan angka 0 untuk mengaktifkan Windows Defender dan angka 1 untuk menonaktifkannya.
  • Pilih OK.
Ya mungkin itu beberapa yang bisa mimin share kepada kalian, bila ada kesalahan kata dalam pengetikan mohon dimaafkan, terima kasih.
0

Leave a Reply

Your email address will not be published.