Inilah Cara Mudah Upgrade OS Android ke Versi Teranyar

blank
blank
Siapa sih yang tidak kenal Android?  pastinya sudah pada tahu ya, kalau nggak tahu kebangetan sih. Android sendiri adalah suatu sistem operasi seluler yang telah dikembangkan oleh perusahaan sebesar Google yang digunakan kepada perangkat layar sentuh seperti Handphone dan  Tablet. Sistem operasi tersebut menyediakan suatu kinerja yang dibilang sangat hingga sampai kini dan menjamin keamanannya, Lalu Android juga menyediakan menyediakan fitur upgrade sistem dan versi android ke versi Terbaru atau Teranyar guys. Salah satu keunggulan dan yang paling terkenal pada Android adalah terletak pada versi sistem operasi yang selalu merilisnya hampir tahun ada. Lalu untuk versi Android juga memiliki beberapa deretannya. dimulai dari Android 2.2 Froyo, Android 2.3 – 2.3.7 Gingerbread, Android 3.0 – 3.2 Honeycomb, Android 4.0 – 4.0.4 Ice Cream Sandwich, Android 4.1 – 4.3 Jelly Bean, Android 4.4 KitKat, Android 5.0 Lollipop, Android 6.0 Marshmallow, Android 7.0 – 7.1 Nougat, Android 8.0 Oreo, Android 9.0 Pie, Android 10, dan yang teranyar yaitu Android 11. Lalu dengan adanya pembaruan tadi pengguna akan disuguhkan beberapa fitur yang belum pernah ditemui di versi sebelumnya. Dan juga dengan adanya pembaruan Android versi keamanan pada sistem operasi yang lebih baik dari pada sebelumnya. Pastinya akan muncul beberapa pertanyaan terkait pembaruan, apakah bisa kita memperbarui ponsel berbasis android tanpa haru membeli ponsel baru.  Jawabannya, tentu bisa dong! bahkan pengguna dapat melakukannya sendiri. Namun dengan syarat jaringan yang digunakan stabil dan disarankan menggunakan Koneksi WiFi selama pengunduhan, baterai yang memadai, yang terakhir membackup data-data kalian jika ada problem di saat pemasangan pembaruan sistem operasi Android.

1. Via OTA (Over The Air)

Cara berikut yaitu menggunakan Via OTA atau (Over The Air), caranya tersebut cukup simple. Namun perlu diketahui kalian harus memantapkan terlebih dahulu niat untuk memperbaruinya. Pasalnya, pembaruan tersebut sistem akan mengunduh beberapa data ke versi yang terbaru dengan kapasitas yang lumayan. Pastinya kalian memerlukan jaringan dan Kuota yang lebih atau alternatif bisa menggunakan koneksi WiFi.
  • Langkah awal, pergilah ke menu Pengaturan  yang berlogo seperti gir.
  • Selanjutnya itu, kalian bisa klik ke menu Tentang Perangkat atau About Phone. Jika belum ketemu juga kalian bisa menu pencarian lalu ketikan tulisan diatas.
  • Berikutnya, pilihlah menu Update dan layar akan menampilkan sebuah tulisan Pembaruan Perangkat Lunak atau Software Update. Dari beberapa perangkat ponsel pintar, ada juga yang menamakan Pembaruan Firmware Sistem ataupun System Firmware Update.
  • klik menu Periksa Pembaruan atau Check for Updates,lalu perangkat Android kalian secara otomatis akan mencari pembaruan sistem operasi yang ditawarkan.
  • Setelah mengklik menu Pembaruan Perangkat Lunak atau Software Update, layar ponsel kalian akan menampilkan beberapa opsi Later, Install Overnight, dan Install Now dari ketiga tersebut kalian bisa memilih sesuka kalian.
  • Terakhir, kalian harus menunggu sampai proses pembaruan selesai dan ponsel kalian akan melakukan Reboot secara otomatis untuk memasang ke versi Teranyar.

2. Lewat Komputer atau Laptop

Jika kalian tidak menemukan pembaruan pada notifikasi layar ponsel, kalian bisa melakukan pembaruan melalui komputer atau laptop. Kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut.
  • Langkah awal, kalian harus membuka browser seperti (Chrome, Mozilla, dan sejenisnya), dilanjutkan dengan membuka situs resmi dari produsen perangkat Android yang saat ini kalian pakai produknya miliki.
  • Kemudian, kalian mencari dan berkunjung ke menu Halaman Dukungan atau Support. Dan juga ada beberapa situs resmi dan sering disebut menu Download. Misalnya pada situs resmi Xiaomi.
  • Secara umum kalian akan diarahkan untuk memasukan informasi mengenai jenis atau model perangkat Android yang digunakan. Setelah mengisi model dari perangkat Android yang kalian pakai nantinya akan muncul tampilan pembaruan yang tersedia dan biasanya akan ditampilkan menu download file pada laman tersebut.
  • Kemudian, kalian bisa download dan pasang perangkat lunak Device Management pada komputer atau laptopmu.
  • Selanjutnya hubungkan perangkat Android-mu pada komputer atau laptop dengan menggunakan kabel USB yang kalian miliki
  • Berikutnya, bukalah perangkat lunak yang tadi sebelumnya sudah terpasang..
  • Kemudian, kalian perlu mencari perintah Update atau Upgrade untuk melakukan proses pembaruan. Menu ini pada umumnya berlokasi pada bagian menu dropdown pada bagian atas.
  • Klik menu Update atau Upgrade maka proses pembaruan Android ke versi terbaru akan diproses.
  • Setelah selesai, kemungkinan kalian akan diperintahkan untuk melakukan proses Reboot. Hingga akhirnya ponsel kalian telah diperbarui ke Android versi terbaru.
 
0

Leave a Reply

Your email address will not be published.